Berbahaya Jangan Pakai Plastik Hitam Untuk Daging Kurban !


Menyongsong Hari Raya Kurban yang jatu pada hari kamis, 24 September 2015 masyarakat muslim Indonesia diresahlan oleh informasi tentang larangan plastik hitam yang berbahaya. Pasalnya pada kebiasaan taun sebelumnya bagi mereka yang menyembelih hewan qurban seperti kambing dan sapi di lingkungannya selalu membungkusnya dengan plastik berwarna hitam.

Tetapi kenapa pemerintah yang di wakili BPOM Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia mengeluarkan surat peringatan dan memerintahkan untuk tidak memakai plastik hitam (kresek) dalam membungkus potongan hewan kurban ? 

Dan peringatan yang dileuarkan BPOM  adalah sebagai berikut :

1. Kantong plastik berwarna hitam adalah hasil daur ulang yang sering digunakan untuk tempat mewadahi makanan

2. Dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan, manusia, limbah logam berat dll. Dalam proses tersebut juga diltambahkan berbagai macam bahan kimia yang menambah dampak bahayanya terhadap kesehatan.

3. Terdapat zat kimia Karsinogenik dalan bahan plastik yang dapat meresap/larut dalam daging

Dari dua pesan yang disampaikan mereka juga mengingatkan untuk memakai plastik yang transparan dalam membungkus daging kurban besok. peringatan ini juga terjadi di Sleman Jogjakarta hal itu ditegaskan oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Sleman.


Related Posts: