Pahlawan Pendidikan Sebenarnya Adalah Dia Pemilik Mobil Hitam

anak-anak banyuwangi, foto  kompas.com
Dunia pendidikan di negara ini masih kurang terperhatikan, dikarenakan dengan luasnya wilayah kedaulatan yang kita punya hingga sulitnya medan pedalaman membuat akses masyarakat didalamnya tidak dapat menerima informasi serta pasilitas yang memadai. Terlebih bila kita membahas dunia pendidikan, masih saja ditemui kekurangan-kekurangan, akan tetapi tidak membuat mereka generasi penerus bangsa yang di pelosok negeri ini surut dalam menuntut ilmu demi masa depannya.

Persis yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur meski masih dalam kepulauan jawa yang notabene sepulau dan dekat dengan ibu kota negara akses anak-anak SD untuk menuntut ilmu sangat luar biasa. Bahkan ada sebagian wilayah  anak-anak pedalaman berangkat sekolah harus melalui jalan dengan rintangan yang bisa mengorbankan keselamatan mereka. Akan tetapi untungnya selalu saja ada orang yang peduli terhadap mereka dengan tulus dan ikhlas dan sepantasnya lah mereka itu mendapatkan gelar pahlawan pendidikan di negara ini.

Sumardi 34 tahun seorang lelaki pemilik mobil kijang hitam buatan tahun 1980 adalah pahlawannya, setiap hari Sumardi dengan mobilnya ini menjadi bukti sekaligus membantu meraih mimpi para generasi dusun Jayengan kabupaten Banyuwangi dengan mengantarkan mereka anak-anak SD bersekolah.

Sekitar 40 siswa sekolah dasar (SD) diantarnya menuntut ilmu, bahkan informasi yang dilansir kompas.com mobil yang dibelinya seharga 15 juta dengan plat nomor wilayah Bali DK 1260 FL ini diberi nama " Mobil Perjuangan ". Bapak setengah baya ini tidak membebankan secara rutin ongkos yang harus ditanggung anak-anak, dalam arti bila ada yang bayar dia terima bila tidakpun gak masalah" katanya... Justru yang terpenting buatnya adalah mereka sudah bersekolah itu sudah membuat saya bangga dan terbayar lunas keringat saya " kata Sumardi. 

Semoga kita yang berada di wilayah strategis perkotaan dapat berbuat lebih dari apa yang bapak sumardi lakukan , semoga saja ...

Related Posts: