6 Hal Yang Dilakukan Masyarakat Indonesia Saat Sumur Kering

Kekeringan beberapa bulan ini membuat masyarakat Indonesia sangat resah. Kenapa itu dikarenakan air adalah sumber kehidupan bagi umat manusia. Di Indonesia yang katanya 2/3 nya adalah air ternyata masih saja kekurangan, terlebih di daerah perkotaan yang memang resapannya sangat minim bahkan habis tersedot oleh kegiatan industri. ada hal-hal yang sering kita temui di masyarakat bagai mana mereka menangani kekeringan pada sumurnya masing-masing.

1. Membor ulang sumur 


Kegiatan membor ini sering dilakukan oleh masyarakat yang sumurnya sudah tidak bisa lagi tidak mengeluarkan air karena mata airnya sudah kering atau tersedot ke sumur tetanga yang lebih dalam. Mereka harus membayar kocek lebih mahal untuk membayar pekerjanya.

2. Membeli Air Literan


Mengantri untuk mendapatkan sembako itu sudah lazim dilakukan masyarakat indonesia akan tetapi mengantri air bersih untuk keburuhan sehari-hari itu sangat luar biasa dan menyedihkan apalagi sudah mengantri harus membayar pula air per liternya. Harga yang ditawarkanya pun berpariatif mulai dari 10.000/ liter hingga 25.000 per liternya.

3. Meminta Air Di Mesjid


Tempat ibadah menjadi salah satu sasaran empuk masyarakat untuk meminta air pasalnya tempat ibadah identik dengan kemayuran dan kesejahteraan masyarakat yang sudah menjadi keyakinan orang indonesia. Mesjid adalah salah satunya karena pengelolanya mengratiskan tetapi ada juga yang memberikan uang untuk infak sebagai ganti dari air tersebut.

4. Membeli Air Galon 


Air isi ulang atau air galon menjadi alternatif berikutnya disaat semua sumber air habis. Mereka rela ngantri dan membeli air galonan pada perusahaan air minum demi memenuhi kebutuhan sehari-hari 

5. Numpang Di Tetangga


Menumpang mandi ditetangga pun jadi salah satu pilihan biasanya mereka yang menumpang itu sumurnya lebih cetek hingga tidak lagi kebagian air. masyarakat Indonesia sudah terbiasa saling menolong untuk hal seperti itu akan tetapi buat yang numpangnya harus tau diri jangan terlalu keseringan juga bisa-bisa pemilik rumah malah cemberut.

6. Mandi Di Sungai


Hal terakhir ini kegiatan yang mengasikan dan menyenangkan disaat musim kemarau tiba dan sumur kering masyarakat indonesia biasanya turun gunung untuk mandi dan mencuci pakaiannya di sungai beruntung untuk daerah yang masih memiliki sungai yang bersih yang airnya terhindar dari polusi industri. Untuk yang di daerah perkotaan mungkin jarang karena aliran airnya sudah kotor oleh limbah industri dan sangat berbahaya.

Buat kalian yang hingga kini belum juga sumurnya terisi air tolong bersabar dan berdoa agar hujan turun membasahi bumi sekaligus mengisi cadangan air pada sumur yang ada di rumah kita.

Related Posts: