Untuk Para Guru Ucapkanlah Kata-Kata Ini Agar Murid Suka Kepadamu

gambar : indonesiamengajar.org
Diantara prinsip membentuk karakter anak adalah dengan membangun kepercayaan dan tanggung jawab anak itu sendiri. Jika mereka sudah suka dengan gurunya, orang tua, bahkan lingkungannya sudah dipastikan mereka akan mengikuti karakter yang pernah dia lihat dan dengar, seperti apa yang dikatakan Ki Hajar Dewantara seorang pendidik bangsa dengan semboyannya, beliau mengatakan " Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani " yang artinya " Di depan memberi contoh, Ditengan memberi semangat, dan dibelakang memberikan daya semangat ".

Nah dari semboyan itulah patutnya para guru, orang tua dan pengasuh lainnya dapat memberikan contoh yang baik serta semangat kepada murid-muridnya agar mereka menjadi suri tauladan dimasa depannya. Bahkan ada pula yang mengatakan Guru itu di gugu dan ditiru sehingga anak-anak lebih patuh dan nurut pada gurunya dibanding orang tuannya..

Para murid sebenarnya sangat senang bila para pengasuhnya mengeluarkan kata-kata yang baik serta dapat memotifasi mereka, meskipun hanya berupa kata-kata sederhana dan singkat. Nahh apa aja sih kata-kata yang bisa menyihir mereka itu :

1. Assalamualaikum Wr.Wb

gambar : alillahijabku.com

Hayoo siapa sih yang gak seneng bila kita didoakan sama orang ? selain kita diperhatikan kita pun merasa sangat dihormati apa lagi sama anak-anak didik kita.

Dikasih ucapan salam saja mereka sangat senang apa lagi sambil di tepuk dan di usap kepalanya mereka pasti akan lebih manut. Wahh klo kita jadi guru yang konsisten melakukan itu pasti semua murid akan merindukannya dan selalu semangat untuk datang ke sekolah.

2. Apa Kabar

gambar : ikhwanudindjurri.blogspot.com
Setelah mengucapkan salam, selanjutnya menanyakan kabar " Hlo anak-anak, apa kabar " silahkan praktikkan dan amati pasti setelah kita menanyakan kabar mereka raut wajah mereka pasti berbeda dari sebelumnya dan biasanya melemparkan senyum yang manis itu membuat hati mereka menjadi damai, sederhana sekali kan ?

3. Terima Kasih

gambar : www.ingatterus.com
Kata yang dapat menyihir mereka berikutnya adalah terima kasih. Kata ini sangat jarang diucapkan oleh para guru dan pengasuh saat ini mungkin karena gengsi yang tinggi dan dianggapnya tidak perlu. Padahal kata ini sangat mujarab dalam membimbing anak ke arah yang lebih baik karena apa ! mereka merasa sangat di hargai atas apa yang telah dilakukannya terlebih bila guru telah memerintahnya melakukan sesuatu. Kata ini juga adalah kata motivasi agar mereka dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.

4. Maaf ' Yah ?

gambar : www-.ask.fm
Kata Maaf adalah kata yang sangat bersahaja, kata maaf saat ini sangat sulit keluar dari seseorang. meskipun kita seorang guru maka jangan pernah sungkan mengucapkan maaf kepada murid kita bila kita melakukan kesalahan, ingkar janji karena tidak ada manusia yang luput dari kesalahan apa lagi kesalahan itu menyakiti mereka. 

Related Posts: